Home » » [Krupuk 30] Fokus Pada Tujuan untuk Proses yang Berkualitas

[Krupuk 30] Fokus Pada Tujuan untuk Proses yang Berkualitas

Motivasi dan Inspirasi - Motivasi perubahan adalah motivasi melakukan proses yang berkualitas

Saat bangun tidur di pagi hari anda sangat ingin menikmati makan bakso yang lezat. Begitu inginnya sampai anda bisa membayangkan bentuk, aroma dan kelezatannya. Tentu saja sepagi itu belum ada penjual bakso yang sudah siap menjual dagangannya. Apakah yang anda lakukan?

Anda mungkin meneruskan tidur dan membawa keinginan anda dalam mimpi tidur anda. Atau anda segera bangkit, mempersiapkan diri, kemudian segera bertanya kepada mbah google, mencari resep membuat bakso.  Kemudian anda berangkat ke pasar untuk membeli perlengkapan dan bahan-bahan membuat bakso.

Tujuan anda adalah menikmati bakso, anda fokus pada itu. Tetapi tentu saja anda tetap harus konsentrasi saat berkendara menuju pasar. Anda harus tetap teliti dan jeli memilih peralatan dan memilih bahan. Begitu pula saat anda membuat bakso dan memasaknya, anda harus konsentrasi dan awas dalam melakukannya. Karena tujuan anda adalah menikmati bakso yang lezat, bukan asal makan bakso.

Fokus pada tujuan bukan berarti hanya terpaku pada tujuan tanpa perduli pada kualitas proses. Fokus pada tujuan adalah menjadikan tujuan sebagai acuan atau arah untuk proses yang berkualitas. Fokus pada tujuan mempermudah kita untuk mencari alternatif solusi saat menghadapi tantangan dalam proses.

Saat anda ingin menuju Jakarta dari Surabaya dengan mengendarai mobil anda fokus pada Jakarta  agar anda mudah mencari jalan menujunya. Namun anda tetap harus berhati-hati dan waspada saat melalui perjalanan. Anda harus awas dan mawas pada situasi lalulintas yang anda lalui. Anda harus mampu mengendalikan kecepatan agar bisa mencapai Jakarta pada waktu yang sudah anda perkirakan, mungkin bisa lebih cepat.

FOKUSLAH pada TUJUAN, serta AWAS dan MAWAS pada PROSES yang berkualitas.

Hiduplah efektif dan berbahagialah.

[Penulis adalah seorang Trainer, Coach, dan lebih suka disebut sebagai Mental Programmer. Memiliki Lisensi resmi dari Richard Bandler sebagai Master Praktisi  NLP. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang penulis silakan kunjungi http://www.NurMuhammadian.com - Penulis buku "Kripik untuk Jiwa"]


0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.

About Me

My Photo

saya sangat senang berbag tentang apa saja