Home » » [Krupuk 12] ‘Ukuran’ yang Berbeda

[Krupuk 12] ‘Ukuran’ yang Berbeda

Sebagai awal pegangan dasar saya agar bisa memelihara kelinci dengan baik adalah dua hal sifat kelinci, yaitu kelinci adalah binatang yang suka bersih dan kelinci adalah binatang yang perasaannya sangat sensitive alias mudah stress. Saya memelihara tiga kelinci di rumah. Dan dari ketiga kelinci tersebut yang paling panjang usianya adalah satu bulan sejak saya pelihara. Padahal saya merawat mereka dengan sangat baik. Setiap pagi kandang mereka saya bersihkan dengan antiseptic. Bulu-bulu mereka saya sisir. Setiap malam kandang mereka saya masukkan ke ruang tamu agar mereka terhibur bersama kami. Tempat makanan mereka saya cuci bersih sebelum saya isi lagi dengan makanan kelinci yang mahal dan mengandung banyak vitamin. Tetapi kenapa mereka tetap stress sehingga tidak berusia panjang.

Setelah saya gali informasi lebih banyak lagi dari buku, internet maupun teman-teman peternak senior, ternyata apa yang saya lakukan justru menyebabkan keleinci-kelinci saya menjadi semakin stress. Bersih bagi kelinci bukan seperti yang saya bayangkan, tidak sama dengan bersih menurut saya.

Orang-orang di sekitar kita punya ukuran masing-masing dalam memandang, mendengar maupun merasakan sesuatu. Setiap orang berbeda. Mungkin manusia lebih komplek dibanding kelinci, tapi ada satu keuntungan besar bila berhubungan dengan manusia, bahasa kita sama, bahasa manusia. Jadi kita tinggal tanya bagaimana ukuran mereka. Lebih mudah dibanding saya harus mencari informasi ukuran kelinci-kelinci saya.

Jangan menduga-menduga, karena kita akan terjebak menggunakan ukuran kita sendiri dalam memperlakukan orang lain, tanyakan langsung! Dan juga sampaikan langsung tentang ukuran kita bila kita ingin mendapatkan sesuatu dari orang-orang di sekitar kita. Bahasa komunikasi membuat hidup jadi sederhana dan mudah, gunakan dengan baik.

BAHAGIAKAN orang-orang yang anda sayangi dengan UKURAN mereka masing-masing. GUNAKAN BAHASA untuk membuat HIDUP jadi lebih MUDAH.

Hiduplah efektif dan berbahagialah

Thank you for reading article [Krupuk 12] ‘Ukuran’ yang Berbeda

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.