Home » » [Tips Menulis] Identifikasi Tulisan Kita

[Tips Menulis] Identifikasi Tulisan Kita

Ada banyak ragam jenis tulisan. Ada karya ilmiah, artikel populer, sastra, berita factual, dan lain-lain. Apapun jenisnya sebuah tulisan adalah sebuah karya intelektual, yang merupakan ekspresi dari ide penulisnya.

Saat akan menulis seyogyanya kita tidak perlu pusing memikirkan akan membuat tulisan jenis apa, tidak perlu rumit mengidentifikasi apa yang akan ditulis, toh belum ditulis. Tuliskan saja apa ide kita.!

Setelah menjadi sebuah tulisan, barulah kita bisa mengidentifikasi jenis karya kita. Cukup sampai disitu? Terserah masing-masing kita.

Bila kita punya tujuan yang jelas dalam menulis, tentu saja selesai menulis kita akan mengevaluasi pencapaian kita. Bila tujuan kita hanya menulis, asal menulis, seperti apapun kualitas karya kita sudah mencapai apa yang kita tuju. Tetapi, bila tujuan kita menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembacanya, kita harus melanjutkan prosesnya menuju tujuan itu, bukan sekedar menyelesaikan sebuah tulisan, proses berkelanjutan.

Apa pentingnya identifikasi jenis karya tulis kita?

Sangat penting, karena tanpa tahu apa jenis karya tulis kita besar kemungkinan kita mengalami kesalahan arah dalam melakukan proses peningkatan kualitas tulisan. Karena setiap jenis tulisan akan berada pada kamar yang berbeda. Tapi, sekali lagi saya ingatkan, identifikasi hanya dilakukan pada ide yang sudah tertulis atau sudah dalam bentuk karya tulis, bukan saat masih dalam bentuk ide di kepala atau belum dituliskan.

Langkah terbaik dalam meningkatkan kualitas sebuah karya adalah dengan melakukan evaluasi terus menerus. Evaluasi karya kita yang paling efektif adalah dengan melibatkan orang lain, baik langsung maupun tidak langsung. Melibatkan orang lain secara langsung dalam evaluasi karya kita adalah dengan menanyakan dan meminta saran kepada mereka. Evaluasi karya kita dengan melibatkan orang lain secara tidak langsung adalah dengan membaca karya mereka dan berusaha membandingkannya. Di sinilah letak pentingnya identifikasi karya kita, agar kita tidak salah memilih orang dalam melakukan evaluasi.

Bagaimana jadinya bila meminta kritik dan saran kepada seorang sastrawan tentang karya tulis ilmiah kita, atau sebaliknya? Mungkin orang tersebut mau mengkritik dan memberi saran, tapi apakah saran mereka sesuai bagi peningkatan kualitas karya kita? Mungkinkah kita membandingkan tulisan artikel popular dengan tulisan dalam novel fiksi?

gambar dari fanabis.blogdetik.com

Identifikasi tulisan kita akan memudahkan mencari orang yang tepat untuk membantu meningkatkan karya tulis kita. Mengetahui jenis tulisan kita akan mempermudah mencari dan memutuskan membaca buku-buku yang tepat untuk menambah ilmu dan wawasan guna meningkatkan kualitas tulisan kita.

WahBerarti harus belajar mengidentifikasi jenis tulisan dong? Benar, tapi tidak perlu berpikir terlalu rumit. Perbanyak saja membaca buku, membaca tulisan di media cetak maupun digital, yang banyak direkomendasikan. Kita tidak perlu tahu dengan detil jenis tulisan kita. Dengan banyak membaca kita pasti akan mudah mengenali tulisan-tulisan bagus yang sejenis dengan tulisan kita, tinggal kita bandingkan atau kita temui penulisnya.

Segera menulis, identifikasi tulisan kita, dan selalu meningkatkan kualitasnya.

Thank you for reading article [Tips Menulis] Identifikasi Tulisan Kita

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.