Home » » 3 Sikap Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru Jika Ingin Sukses

3 Sikap Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru Jika Ingin Sukses



Kemajuan bangsa Jepang memang sudah tidak diragukan lagi, Jepang menjadi salah satu negara kiblat dalam hal kesuksesan bisnis industri. Dan seperti yang kita ketahui bahwa untuk sukses, kita butuh belajar dari orang atau bangsa yang sudah lebih dahulu sukses. Oleh karena itulah pada artikel ini, kita akan bahas mengenai 3 sikap orang Jepang yang wajib kita tiru, agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih sukses lagi.

So, apa sajakah ke-3 sikap yang saya maksud? Mari kita bahas ya :).

Ada banyak hal yang bisa menjadikan kita makin kagum terhadap keberhasilan Jepang, salah satunya adalah ditengah keterbatasan sumber daya alamnya, Jepang justru mampu mengubah keterbatasan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang justru mendukung kesuksesan negaranya.

Tak hanya itu berbagai perusahaan besar seperti Toyota, Yamaha, Honda, Panasonic, adalah sederet pembuktian bahwa Jepang layak kita teladani dalam berbisnis. Oke langsung saja, inilah 3 sikap orang Jepang yang wajib kita tiru jika ingin sukses.

1. Rajin Membaca.

Meskipun saya belum pernah ke Jepang, tapi dari berbagai bacaan dan tayangan yang pernah saya lihat, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang Jepang sangat suka membaca. Ketika mereka sedang dalam perjalanan ke tempat kerja, ketika mereka istirahat, dan banyak lagi, pokoknya seakan-akan buku adalah salah satu komponen penyusun kehidupan sehari-hari mereka.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa dengan membaca buku kita bisa kaya informasi dan pengetahuan, dan dari pengetahuan itulah kita bisa membangun jalan untuk menggapai sukses. Untuk itu kalau mau sukses, jangan malas baca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan primer kehidupan Anda.

2. Mari Kita Terapkan Prinsip Kaizen dan Hansei.

Apa itu? Memang kedua prinsip ini sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Oke mari kita bahas ya.

Prinsip kaizen adalah ongoing and continous improvement, yang bisa kita artikan sebagai berkelanjutan dan peningkatan terus menerus. Sementara untuk prinsip hansei adalah never ending correction alias perbaikan tiada henti. Nah kedua prinsip ini sudah menjadi nilai luhur yang mendarah daging dalam kebudayaan dan iklim bisnis Jepang.

Tak heran, dengan penerapan kedua prinsip di atas industri Jepang bisa tumbuh sukses dan jaya. Mereka selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas kehidupannya dan tentunya dibarengi dengan perbaikan yang tidak pernah henti. Sebuah cara kerja yang akan menjadikan sistem hidup  menjadi luar biasa super :).

Jadi, mari kita terapkan prinsip kaizen dan hansei ini dalam kehidupan kita bersama.

3. Menjaga Nilai Budaya.

Jepang adalah negara maju yang masih tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal mereka. Kita bisa lihat sendiri, Jepang tetap mampu memendarkan cahaya kearifan lokalnya meski ditengah gegap gempita mereka sebagai sebuah negara maju dengan kekuatan industri yang luar biasa.

Kebiasaan warga Jepang untuk tetap menjaga budayanya adalah patut kita tiru, lihatlah berbagai budaya khas Jepang yang selalu eksis sampai sekarang, seperti budaya samurai, budaya minum teh, dan banyak lagi. Seandainya saja bangsa kita Indonesia tetap memegang teguh nilai dan budaya luruh yang ada maka pasti masyarakat kita akan sukses seperti yang dialami oleh bangsa Jepang.

Baiklah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia 3 sikap yang wajib kita tiru dari bangsa Jepang jika kita ingin mencapai sukses dan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi. Semoga sajian artikel ini bisa memberi banyak manfaat dan inspirasi untuk Anda ya :).

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • prinsip hidup orang jepang
  • prinsip orang jepang
  • prinsip orang sukses
  • prinsip hidup orang sukses
  • prinsip hidup mario teguh
  • kunci sukses orang jepang
  • sikap orang sukses
  • kunci kesuksesan mario teguh
  • kiat menjadi orang sukses mario teguh
  • kiat sukses mario teguh




0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.