Home » » Kata-kata Bijak-3

Kata-kata Bijak-3



Saat Terbaik adalah saat ini. Setiap hari adalah awal untuk menjadi manusia baru, setiap detik adalah saat yang tepat untuk mengalahkan diri sendiri. Waktu dapat membentuk watak, menyelesaikan pekerjaan, dan memupuk pahala kebajikan. Hidup adalah apa yang dilakukan oleh setiap orang sepanjang usianya. Karenanya berpaculah dengan waktu, jangan biarkan ia melewatimu. Setiap detik, berjuanglah demi kebaikan. (@)

Di saat-saat kita bebas melakukan sesuatu, seringkali kita tertipu oleh kebebasan itu, dan membuang-buang waktu tanpa sadar. Orang bijaksana menggunakan waktu seperti permata berharga. Tapi bagi orang bodoh, waktu tak ubahnya segenggam tanah liat yang tak berharga. (@)

Justeru karena hidup ini amat singkat, ia jadi sangat berharga. Dan karena sulit untuk terlahir sebagai manusia, kita harus bertanya pada diri sendiri, adakah kita telah mengembangkan potensi kemanusiaan kita dan tidak hanya mengejar kekayaan dalam hidup ini? (@)

Orang harus sigap dalam melakukan perbuatan baik, dan harus sampai tuntas. Seperti memasak air ; sebelum ia mendidih apinya jangan dipadamkan, kalau tidak mau mengulanginya lagi dari awal. (@)

Bila tidak ada yang dapat dilakukan, kita biasanya membiarkan waktu lewat dengan percuma, kehidupan terus berjalan sementara kita tidur bermalas-malasan. Begitu pula, orang yang membiarkan batinnya tertidur sepanjang hidupnya pantas dijuluki si pemalas. (@)

Selidikilah makna yang hakiki dari hidup ini dengan arif. Aturlah penggunaan waktu dalam hidupmu dengan kekuatan ikrar ketetapan hati. Karena hidup ini tidak kekal, kita harus mempercepat langkah dan terus maju. Kita tidak sedang berjalan di atas lumpur kebingungan, gamang, dan tidakmantap (@)

ketika sebelah kakimu telah menginjak tanah di depan, kakimu yang sebelah lagi masih takut dan ragu-ragu melepaskan pijakannya. Setelah satu kaki melangkah, kaki yang lain menyusul. Artinya kita harus melepaskan hari kemarin, dan memusatkan perhatian pada apa yang sedang dikerjakan sekarang. (@)

Ciri orang bijaksana adalah bahwa ia bisa mengatur waktunya.

Betapapun derita dan kesulitan yang harus ditempuh untuk mencapai sesuatu, jangan biarkan pikiranmu terikat pada hasil-hasil yang pernah kau capai. Betapapun kita telah banyak memberi kepada orang lain, janganlah menuntut balas atau ganjaran.(@)

Kita tidak dapat menggenggam masa lalu, ataupun memastikan yang akan datang. Jadi, hiduplah pada hari ini, saat ini (@).

Thank you for reading article Kata-kata Bijak-3




0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.