Home » » [Parenting] Waspadai Televisi dan Komputer

[Parenting] Waspadai Televisi dan Komputer

Anak mungkin tidak menuruti kata-kata orang tua, tapi anak selalu berhasil meniru orang tuanya

Pendidikan paling efektif adalah teladan.

Proses pendidikan anak terjadi sejak usia anak nol tahun oleh seluruh orang-orang dewasa, atau bahkan seluruh orang yang lebih tua, di sekitar anak. Setiap ucapan, tindakan semua orang di sekitar anak akan ditangkap panca indra anak dan diserapnya, yang suatu saat akan ditirunya dengan baik.Penanggung jawab  proses pendidikan ini adalah ayah dan ibu si anak. Bahkan bila pun karena alasan tertentu anak dititipkan ke kerabat, tanggung jawab tetaplah pada ayah dan ibunya. Mungkin alasan yang bisa diterima melepaskan tanggung jawab proses pendidikan anak ini hanyalah kematian.

Sebagai penanggung jawab tertinggi, ayah dan ibu haruslah tegas melakukan seleksi orang-orang yang terlibat dalam proses pendidikan anaknya. Orang-orang yang berpotensi berpengaruh buruk bagi perkembangan jiwa anaknya haruslah dijauhkan.

Pada era teknologi canggih saat ini, orang-orang yang terlibat dalam proses pendidikan anak bukan hanya orang-orang berwujud manusia nyata, tapi juga orang-orang yang ditemui anak melalui peralatan elektronik seperti televisi, computer, dan aneka gadget terbaru. Ayah dan ibu haruslah benar-benar waspada dan tegas dalam melakukan seleksi orang-orang yang ditemui anaknya melalui perangkat elektronik tersebut.

Saya sangat prihatin dengan tindakan orang tua yang menyediakan fasilitas televisi dan computer berjaringan internet di kamar sang anak.  Sejak terbangun di pagi hari dengan bebasnya anak bisa mengakses program macam apapun di televisi, yang sebagian besar tidak ada manfaatnya bagi perkembangan anak, bahkan membahayakan. Karena ada di dalam kamar, sendirian tanpa didampingi ayah dan ibu, anak menangkap dan menyerap semua pendidikan oleh gurunya dari dalam televisi, seluruhnya. Ayah dan ibunya bahkan tidak tahu apa yang disaksikan anaknya, hingga saat sang anak melakukan sesuatu yang mengkhawatirkan mungkin sudah terlambat untuk melakukan sesuatu.

notvWaspadalah wahai Ayah dan Ibu! Jangan serahkan proses pendidikan anak Anda kepada para orang asing di televisi atau komputer, yang tentu saja tidak bertanggung jawab bila terjadi sesuatu pada anak Anda. Karena Andalah yang harus bertanggung jawab.

[Penulis adalah seorang Trainer, Coach, dan lebih suka disebut sebagai Mental Programmer. Memiliki Lisensi resmi dari Richard Bandler sebagai Master Praktisi  NLP. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang penulis silakan kunjungi http://NurMuhammadian.blogspot.com - Penulis buku "Kripik untuk Jiwa"]

Thank you for reading article [Parenting] Waspadai Televisi dan Komputer

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.