Home » » [Kripik 46] Sumberdaya untuk Kebutuhan

[Kripik 46] Sumberdaya untuk Kebutuhan

Dalam sebuah permainan acara televisi tersisa tiga peserta terbaik. Ketiganya diajak belanja di sebuah toko  serba ada terlengkap, dan dipersilakan mengambil barang sesukanya untuk bekal permainan berikutnya. Sebelum berbelanja mereka berhak bertanya apa saja kepada pengawas, dan pasti dijawab tapi jawaban dari pengawas permainan tidak boleh dibocorkan kepada peserta lain. Mereka diberi waktu dua jam untuk berbelanja, dan saat selesai semua barang tidak boleh ditukar atau dikembalikan.

Peserta pertama bertanya tentang jumlah barang yang boleh diambil dan jawabannya adalah sebanyak-banyaknya. Peserta kedua menanyakan batasan harga yang boleh diambil dan dijawab tidak terbatas. Peserta ketiga bertanya PakApa tantangan setelah ini  sampai selesai nanti?. Dia pun mendapatkan jawaban yang ditanyakan.

Peserta pertama mengumpulkan makanan sebanyak-banyaknya. Baginya makanan adalah kebutuhan utama untuk bisa bertahan dalam permainan. Dia mengumpulkan makanan sampai memenuhi empat keranjang belanja.

Peserta kedua mengambil barang-barang mewah yang selama ini dia idamkan, yaitu beberapa gadget tercanggih dan terbaru, televisi dengan teknologi mutakhir, dan beberapa barang elektronik canggih.

Gambar dari hsgautama.multiply.com

Sedangkan peserta ketiga hanya mengambil sebuah ransel besar, lampu senter dan beberapa battery,  tenda kecil yang bisa dilipat, kantung tidur, beberapa bungkus roti  dan cokelat, dan beberapa botol air minum.

Setelah dua jam, mereka berkumpul dengan barang mereka masing-masing untuk mendapat instruksi selanjutnya. Ternyata permainan berikutnya adalah mereka harus berjalan kaki menuju sebuah bukit yang jaraknya sekitar lima kilometer dari toko, mendaki bukit dan menginap semalam di tanah lapang di atas bukit. Semua peserta harus membawa barang-barang mereka atau meninggalkannya di toko. Pemenang adalah yang tercepat sampai di atas bukit dan bisa bertahan sampai pagi. Pemenang berhak mendapatkan semua barang yang dipilih dan diambil ketiga peserta.

Tentu saja peserta ketiga yang memenangkan permainan, karena dia mengumpulkan barang yang dibutuhkan, sedangkan peserta pertama dan kedua hanya mengambil barang-barang yang diinginkan, namun ternyata tidak mereka butuhkan bahkan justru menjadi beban.

Peserta ketiga bisa mengenali kebutuhan karena dia tahu apa yang akan dihadapi. Kebutuhan adalah bekal bermanfaat di masa depan.

Apa yang kita inginkan belum tentu bermanfaat bagi kita sendiri, bukan kebutuhan kita, padahal sumber daya kita terbatas. Menggunakan sumber daya hanya untuk memenuhi keinginan berarti mengurangi porsi penggunaannya untuk mendapatkan kebutuhan. Cara terbaik mengenali kebutuhan adalah dengan memahami tujuan yang ingin kita capai, sehingga tahu bekal apa yang harus disiapkan.

MEMAHAMI TUJUAN HIDUP adalah CARA TERBAIK untuk mengenali KEBUTUHAN. SUMBER DAYA kita yang TERBATAS harus digunakan dengan BIJAK, yaitu SEBESAR-BESARNYA untuk mendapatkan KEBUTUHAN. 

Hiduplah efektif dan bahagialah.

Thank you for reading article [Kripik 46] Sumberdaya untuk Kebutuhan

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.

About Me

My Photo

saya sangat senang berbag tentang apa saja